Menjalankan Linux Shell via Android melalui Terminal IDE

Sebelumnya kita telah membahas tentang Secure Shell (SSH) ke VPS via Android Device, kali ini kita masih berada pada topik yang sama. Yaitu memanfaatkan Android untuk aktivitas yang berhubungan dengan console server. Jika sebelumnya kita membahas tentang Connectbot, maka kali ini kita akan membahas Terminal IDE

Instalasi Terminal IDE

1. Silakan ke Google Play untuk download aplikasi Terminal IDE.

2. Silakan buka aplikasi Terminal IDE anda. Kemudian silakan pilih opsi Install System. Disini akan kelihatan apakah system sudah pernah terinstall atau belum. Jika belum, silakan Install dulu.
Menjalankan Linux Shell via Android melalui Terminal IDE

3. Pada opsi Options, Anda bisa mengubah-ubah setting keyboard sesuai dengan keinginan. Salah satunya adalah fungsi CTRL yang bisa diwakili oleh tombol pengeras suara. Sehingga anda tidak perlu aplikasi tambahan seperti Hacker’s Keyboard untuk memperoleh fungsi CTRL.

4. Kembali ke tampilan awal Terminal IDE, sekarang Terminal IDE sudah siap digunakan sebagai pengganti console Linux pada Android anda.

SSH pada Terminal IDE 

Sebagai praktek dari Terminal IDE, kali ini kita akan SSH ke server melalui aplikasi ini.
1. Silakan buka Terminal IDE
2. Pilih opsi Terminal IDE. Di sini ada 4 window yang bisa Anda gunakan. Sehingga memudahkan kita mengerjakan banyak tugas sekaligus.
3. Silakan SSH ke server. Dari gambar di bawah bisa kelihatan jika SSH nya sama mudahnya seperti SSH melalui konsol Linux.
Menjalankan Linux Shell via Android melalui Terminal IDE
4. Aplikasi Terminal IDE yang tanpa menggunakan rooting Android, sudah bisa digunakan untuk melakukan beberapa fungsi konsol seperti di Linux. Anda bisa membuat file baru dengan perintah vim, cek free space Android, bahkan anda bisa telnet ke Mikrotik seperti berikut ini.
Menjalankan Linux Shell via Android melalui Terminal IDE

Sekian cara Menjalankan Linux Shell via Android melalui Terminal IDE yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Menjalankan Linux Shell via Android melalui Terminal IDE"

Post a Comment