Tutorial Install MySQL di CentOS 7

Tutorial Install MySQL di CentOS 7 - Tutorial Install MySQL di CentOS 7Tutorial Install MySQL di CentOS 7Tutorial Install MySQL di CentOS 7MySQL merupakan salah satu sistem manajemen database yang paling banyak digunakan. Dengan MySQL, pengguna dapat menyimpan database dan mengelolanya menggunakan command di berbagai platform. Di tutorial ini, Anda akan mempelajari cara install MySQL di server Linux yang menjalankan sistem operasi CentOS 7 dengan meggunakan baris command server Anda.

Persiapan Install MySQL CentOS 7

  • Hubungkan root ke server Anda
  • Jalankan CentOS 7 di server Linux

Pertama-tama, buat koneksi ke server Anda dengan SSH dan siapkan command yang ingin diletakkan di baris perintah atau command.

- Cek jika sistem telah diupdate. Jika belum, update dengan segera. Ketikkan command ini:
sudo yum update



- Setelah sistem selesai diupdate, unduh repository MySQL. Kami akan meggunakan repositori terbaru yang rilis pada akhir tahun 2016 adalah el7-9. (Versi lain dapat Anda cek di sini: https://dev.mysql.com/downloads/repo/yum/). Ketikkan command ini:

wget http://dev.mysql.com/get/mysql57-community-release-e17-9.noarch.rpm

Siapkan repository sehingga kita bisa install MySQL. Ketikkan:
sudo rpm -Uvh mysql57-community-release-el7-9.noarch.rpm
Apabila proses sudah mencapai 100%, maka Anda bisa install MySQL di server. Ikuti pedoman cara install MySQL di langkah berikutnya.

1. Anda bisa langsung install MySQL dengan command ini:

sudo yum install mysql-server
2. Semua paket diberikan dan Anda akan diminta konfirmasinya apakah benar ingin mengunduh paket tersebut. Ketik y dan tekan ENTER.

3. Setelah proses download selesai, Anda akan diminta konfirmasinya terkait penginstall. Ketik y dan tekan ENTER.


4. Tunggu sampai proses instalasinya benar-benar selesai.


Sebenarnya sangat mudah sekali cara menginstall MySQL di CentOS 7 sebagai database di server kita, untuk yang belum terbiasa hanya butuh sedikit penyesuaian. Sekian Tutorial Install MySQL di CentOS 7 semoga bermanfaat

0 Response to "Tutorial Install MySQL di CentOS 7"

Post a Comment